Sejarah Penggunaan Henna Di Dunia

advertisement
Akhir-akhir ini banyak perempuan yang menggunakan Henna. Tangan mereka di gambari dari dengan berbagai motif, mulai dari bungan hingga batik. Warnanyapun beragam, ada merah, cokelat dan putih. Selain tangan terkadang juga kaki. Tetapi sebenarnya dari manakah Henna ini berasal? Apakah dari kebudayaan Indonesia seperti yang ditunjukkan pada beberapa budaya perempuan Aceh atau Minangkabau yang menggunakan cat ini pada beberapa acara?

Sejarah Penggunaan Henna

Sejarah Henna

Kalau coba kita cermati, di beberapa film India banyak bintang-bintang perempuan cantiknya menggunakan Henna dalam berbagai acara seperti pernikahan. Memang tidak ada kesepakatanpasti di antara para sejarawan dari mana asal Henna. Di Arab, nama Henna lebih akrab di sebut Hinna. Walau nama sebenarnya bukanlah Henna atau Hinna melainkan Mehndi yang sudah dikenal sejak 500 tahun yang lalu.

Ada yang mengatakan Mehndi ini dibawa ke India oleh bangsa Mogul, ada pula sejarawan lain yang mengatakan bahwa Mehndi memang berasal dari India. Yang lain lagi mengatakan bahwa Mehndi berasal dari Timur Tengah tepatnya di Afrika Utara. Tetapi satu yang pasti Bahwa Henna atau Hinna atau Mehndi berasal dari tumbuhan dengan nama Latin Lawsonia Inermis.
Marfologi Tumbuhan Henna

Henna memiliki nama binomial Lawsonia inermis dengan spesifikasi sebagai berikut:
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Lythraceae
  • Genus : Lawsonia

Tumbuhan Lawsonia inermis mampu tumbuh mencapai mencapai ketinggian 4 hingga 6 kaki pada daerah dengan minimum temperature diatas 60 F atau 11 C. Tumbuhan ini banyak ditemukan di negara-negara seperti India, Afganistan, Pakistan, Suriah, Yaman, Mesir, Senegal, Tanzania, Uganda, Kenya, Iran, Maroko, dan Palestina. Sebab negara-negara tersebut memiliki iklim yang cukup panas.

Sejarah Penggunaan Henna Di Dunia


Sebagai tumbuhan tertua yang digunakan sebagai bahan kosmetik, Henna dikenal sangat aman digunakan. Terutama untuk henna yang alami yang tidak mengandung pewarna sintetis, walau untuk jenis kulit sensitif ada baiknya mencoba sedikit dulu untuk melihat respon kulit atau konsultasi pada dokter. Baru setelah tidak ada respon apa-apa dari kulit, Henna bisa digunakan untuk membuat pola atau desain yang indah pada bagian tubuh yang diinginkan.

1. Di India Henna digunakan dalam acara Khusus

Salah satu cara mempercantik diri yang di kenal di India selain menggunakan Make up dan perhiasan adalah menggunakan Henna. Henna memegang peranan penting yang bisa dipakai sehari-hari dan paling vital digunakan ketika acara khusus selayaknya pernikahan.

Biasanya, sebelum pernikaha dilangsungkan memperlai perempuan akan hadir di pesta mehndi bersama keluarga dan teman. pada saat itu, mempelai perempuan akan dihias menggunakan Henna dari ujung jari sampai dengan siku dan dari ujung kaki sampai lutut. Nama mempelai laki-laki ditulis di sela-selanya. Nah pada saat pernikahan, mempelai laki-laki diharuskan menemukan namanya yang ditulis tersembunyi sebelum acara pernikahan. Terkadang mempelai laki-lakipun di hiasi henna.

2. Henna dikenal penangkal kejahatan dan pembawa nasib baik

Sejarah pemakaian Henna dibeberapa tempat menyebutkan bahwa penggunaan henna memiliki dua tujuan penting. Pertama; untuk menangkal kejahatan akan akan menghampiri pemakai dan orang-orang terdekat dengan pemakai. Kedua; untuk membawa nasib baik pada pemakai dan orang-orang terdekatnya. Karenanya biasanya Henna akan dipakai sebelum melahirkan atau sebelum waktu pernikahan.

3. Di Indonesia dikenal rituan daun pacar

Meski tidak seluruh daerah Indonesia menggunakan henna, tetapi beberapa daerah menggunakan Henna sebelum prosesi pernikahan secara tradisional dikenal dengan ritual pemakaian daun pacar. Masing-masing daerah memiliki makna yang berbeda terhadap pemakaian henna ini.

4. Henna terkenal Hingga Afrika, Asia dan Amerika

Tak hanya india dan Indonesia atau pakistan, para perempuan yang berasal dari Afrika, asia dan Amerika juga menggenal penggunaan Henna dengan berbagai nama. Rata-rata selain untuk kecantikan, tujuan menggunakan Henna adalah untuk melindungi pemakai.

Selain digunakan sebagai kecantikan, Henna juga dikenal sebagai obat yang memberi khasiat penyembuh dan terapi. Khususnya pada bagian rambuh. Henna yang digunakan untuk kondisioner pada rambut akan memberikan efek berupa rambut menjadi sehat, tumbuh mengkilap dan juga baik untuk kesehatan kulit kepala.
Advertisement

wdcfawqafwef